Wiranto: Indonesia Dipercaya Dunia dalam Penanggulangan Terorisme

Foto : Kompas.com

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, Indonesia dipandang sukses oleh dunia internasional dalam penanggulangan terorisme.

Menurut Wiranto, dari berbagai kunjungan kenegaraan yang pernah dilakukan, dunia ingin mengetahui cara Indonesia menangani masalah itu.

"Kita dipercaya internasional kalau bicara penanggulangan terorisme dan pembiayaan terorisme. Dipercaya dan jadi referensi mereka," ujar Wiranto dalam sambutan rapat koordinasi Gubernur se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2018).

Wiranto mengatakan, Indonesia termasuk negara dengan masyarakat Islam terbesar di dunia. Banyak teroris yang menggunakan kedok agama untuk melakukan aksinya.

Meski begitu, kata Wiranto, rasio terorisme di Indonesia tergolong kecil. Sumber terorisme dari Indonesia pun tak sebanyak di negara lain.

"Mereka heran apa yang dilakukan. Ternyata BNPT kita bersama Polri dibantu TNI melakukan dua operasi yang negara lain belum miliki," kata Wiranto.

Dua operasi tersebut yakni pendekatan lembut dan pendekatan keras. Pendekatan keras dilakukan dengan cara mencari dan membunuh teroris jika ada upaya perlawanan.

Namun, cara tersebut dianggap kurang efektif karena hanya di hilir yang dihabiskan. Sementara, di hulu terus memproduksi teroris baru.

Oleh karena itu, penanganan dilakukan juga pendekatan lembut. Caranya, dengan melakukan pembinaan terhadap mantan terpidana terorisme, dengan deradikalisasi.

"Katakanlah sekarang menjadi kekuatan kita mengungkap jaringan mereka, ketahui pimpinannya siapa, rencananya bagaimana, teknik terornya bagaimana, sampai jaringan internasionalnya bagaimana," kata Wiranto. [kompas.com]