Cak Imin Ingatkan Jokowi: Salah Pilih Cawapres, Anda Bisa Kalah


Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sangat percaya diri menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo (Jokowi) di 2019. Bahkan dia mengingatkan Jokowi agar tidak salah pilih cawapres atau Jokowi bakal keok pada 2019.

"Saya ingatkan, kalau salah memilih cawapres, maka bisa kalah," kata Cak Imin di acara Mata Najwa, yang disiarkan langsung oleh Trans7, Rabu (14/3/2018).

Cak Imin mendengar Jokowi juga mewacanakan untuk menggaet cawapres dari kalangan nonpartai atau teknokrat. Namun, menurutnya, itu terlalu berisiko kalau direalisasikan.

"Apalagi mau cari yang nonpartai segala macam, bisa kalah, kalau tidak tepat," kata Cak Imin.

Dia berujar partainya, yakni PKB, punya massa 11 juta yang bisa berpengaruh signifikan terhadap kemenangan di Pilpres 2019. "Siapa pun yang didukung PKB pasti menang," ujarnya.

"Bukan hanya itu. Kalau saya nggak dipilih (menjadi cawapres Jokowi), saya bisa nyapres lho nanti," kata Cak Imin santai, disambut tawa banyak orang di lokasi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi menilai berhasil atau tidaknya Cak Imin menjadi cawapres Jokowi bukan bergantung pada Jokowi, melainkan lebih bergantung ke partai-partai pendukung Jokowi. Soalnya, siapa pun cawapres Jokowi pada 2019 bakal punya potensi besar menjadi capres pada 2024.

"Kalau misalnya Cak Imin dipilih (menjadi cawapres), itu ibarat memberi karpet merah kepada Cak Imin di 2024," kata Burhanuddin. [detik.com]