Menlu Retno Ajak Muslim Rusia Sebarkan Perdamaian dan Toleransi


Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengajak Muslim di Rusia untuk bersama-sama dengan umat Islam Indonesia agar menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi. Ajakan itu disampaikan diplomat tertinggi RI saat berkunjung ke Masjid Agung Moskow, Senin 12 Maret.

“Indonesia memiliki umat Muslim terbesar dunia dan Rusia jumlah muslimnya juga cukup banyak, sehingga akan baik apabila hubungan bisa ditingkatkan dan sama-sama menyebarkan nilai-nilai perdamaian dan toleransi yang saat ini dibutuhkan,” ujar Menlu Retno kepada Wakil Ketua Majelis Muslim Federasi Rusia, Damir Gizatullin, dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Selasa (13/3/2018).

Sebagai informasi, jumlah umat Islam di Rusia mencapai 25 juta orang, di mana sebagian besar tinggal dan menetap di Dagestan dan Chechnya. Pemimpin Muslim Chechnya, Ramzan Kadirov, juga memiliki hubungan yang cukup dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Masjid Agung Moskow adalah salah satu masjid terbesar tidak hanya di Rusia, tetapi juga di Eropa yang dibangun pertama kali pada 1904. Pada 1956, Presiden Soekarno juga sempat berkunjung ke Masjid Agung tersebut.

Untuk menampung jamaah yang semakin besar, masjid tersebut dibongkar dan dibangun kembali pada 2011. Presiden Vladimir Putin meresmikan masjid tersebut sehari sebelum Hari Raya Idul Adha pada September 2015. Masjid Agung Moskow kini memiliki luas 18.900 meter persegi dengan 6 lantai dan dapat menampung sekitar 10.000 jamaah.

Selain untuk beribadah, di Masjid Agung Moskow juga terdapat sekolah untuk mendidik dan mempersiapkan para imam dan khatib. Menanggapi Wakil Ketua Majelis Muslim Federasi Rusia mengenai sekolah tersebut, Menlu Retno mengusulkan dilakukannya pertukaran imam.

Diplomat kelahiran Semarang itu juga menyampaikan rencana pertemuan interfaith dialog Indonesia-Rusia pada akhir 2018. Menlu Retno sangat berharap pertemuan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Mufti Rusia. [okezone.com]