Presiden Jokowi Serahkan Trofi dan Lepas Burung di Kebun Raya Bogor


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan festival dan pameran burung tingkat nasional. Dalam acara ini, Jokowi menyerahkan trofi kepada para pemenang.

Ada tiga peserta yang menyertakan burung murai batu mendapatkan trofi dari Jokowi. Juara pertama berasal dari Brebes, Jateng.

Para juara berkesempatan foto bareng Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Minggu (11/3/2018) pagi ini. Setelah itu, Jokowi sempat melihat burung-burung tersebut.

Tak lama setelah itu, Jokowi juga melepaskan puluhan burung. Burung yang dilepaskan seperti kolibri, sirpu, dan kutilang. Jokowi juga menjelaskan betapa pentingnya penangkaran burung.

"Saya sangat menghargai banyaknya penangkaran burung yang ada di banyak daerah. Tadi ada murai, ada kolibi, jalak. Penangkaran seperti urin yang saya kira selain memberikan ruang bagi penggemar burung juga ini bisa menjaga spesies itu dari kepunahan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan ekonomi kerakyatan akan tumbuh dari pembuatan sangkar burung. Perputarannya bisa Rp 1,7 Triliun per tahun.

"Ekonomi terutama kerakyatan tumbuh ada pembuatan sangkar burung, pakan burung. Perputarannya Rp 1,7 T per tahun. Artinya dari penangkaran, pakan, sangkar, obat obatan," tuturnya. [detik.com]