Tak Cuma Jawa, Tol di Sumatera Ini Juga Bisa Dijajal Mudik 2018


Pemerintah menjanjikan jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya bakal tersambung dengan kombinasi operasional dan fungsional pada mudik Lebaran tahun ini. Tak hanya di Jawa, namun beberapa tol Trans Sumatera yang sudah jadi dan hampir jadi pun ada yang bisa dilewati secara operasional dan fungsional.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterima detikFinance, Selasa (13/3/2018), setidaknya ada 194,17 km jalan tol Trans Sumatera yang bisa dijajal untuk mudik Lebaran tahun ini. Rinciannya terdiri dari 127,06 km jalur fungsional (gratis) dan 67,11 km jalur operasional (berbayar).

Tol pertama dari ujung selatan pulau Sumatera yang bisa dilewati adalah tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Sepanjang 8,9 km dari Paket 1 (Pelabuhan Bakahueni-Sidomulyo) bisa dilewati secara operasional sedangkan sisanya 21,6 km lagi dilewati secara fungsional.

Masih dari tol Bakauheni-Terbanggi Besar, ruas selanjutnya yang bisa dilewati adalah paket 2 Segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 35,48 km. Dari panjang tersebut, 5 km di antaranya bisa dilewati secara operasional.

Sedangkan sisa jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang bisa dilalui adalah paket 3 dari Kota Baru menuju Metro 29 km dan paket 4 Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,8 km. Keduanya bisa dilewati secara fungsional.

Tol selanjutnya yang bisa dijajal untuk mudik Lebaran tahun ini adalah Palembang-Indralaya. Seksi 1 dari Palembang ke Pamulutan sepanjang 7,75 km dapat dilewati secara operasional, sedangkan seksi 2 (Pamulutan-KTM) 4,9 km dan seksi 3 (KTM-Indralaya) 9,28 km dilalui secara fungsional.

Selain dua ruas tol tadi, ada dua ruas tol Trans Sumatera lainnya yang bisa dijajal saat mudik nanti, yakni tol Medan-Binjai seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) dan Medan-Kualanamu Tebing Tinggi seksi 1-4 (Tanjung Morawa-Perbaungan). Kedua ruas tol itu juga bisa dilewati secara operasional. [detik.com]