Ibunda Presiden Jokowi Kunjungi Blitar untuk Ziarah ke Makam Bung Karno


Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, berziarah ke makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur. Kunjungannya ditemani keluarga dengan tujuan menghabiskan liburan akhir pekan.

"Ini hanya acara dolan saja, ziarah dan tidak ada apa-apa. Tadi doa juga sudah dipimpin ustaz," kata Sudjiatmi dikutip dari Antara, Sabtu (14/4).

Namun, saat disinggung apakah momen ziarahnya bertujuan untuk mendoakan putranya di Pemilihan Presiden pada 2019, Sudjiatmi mengatakan bahwa mendoakan putranya tidak harus di makam ini. "Sudah setiap hari, terus menerus didoakan," kata dia.

Rombongan Sudjiatmi tiba di Blitar Sabtu siang dan langsung menuju areal makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Kedatangan rombongan disambut oleh para pejabat Pemkot Blitar yaitu Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar, Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, Kapolres Kota Blitar AKBP Adewira Negara Siregar, dan sejumlah pejabat lainnya.

Rombongan mengawali kunjungan di makam Bung Karno dengan menuju ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Kota Blitar, yang tak jauh dari areal makam.

Di kantor perpustakaan tersebut, Sudjiatmi imelihat pemutaran film dokumenter pembangunan perpustakaan serta koleksi buku, termasuk yang menceritakan tentang Bung Karno. Setelah selesai melihat perpustakaan, Sudjiatmi berjalan kaki ke lokasi makam Bung Karno yang masih satu kompleks dengan perpustakaan.

Di lokasi makam, Sudjiatmi dan rombongan dengan khusyuk berdoa. Kegiatan itu dipimpin pemuka agama setempat.  Agenda ziarah kemudian ditutup dengan melakukan tabur bunga.

Kunjungan Sudjiatmi masih akan berlanjut di hari berikutnya. Ia akan berkunjung ke sejumlah lokasi di antaranya Kampung Cokelat dan Istana Gebang yang merupakan rumah masa kecil Bung Karno di Blitar. Siang harinya, ia baru akan kembali ke Solo.

Kunjungan Sudjiatmi itu juga mendapatkan kawalan yang ketat. Kepolisian Resor Kota Blitar mengerahkan 315 anggota kepolisian yang berjaga. Jumlah itu masih ditambah dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar, Dinas Perhubungan Kota Blitar, serta dari Kodim 0808 Blitar. [kumparan.com]