KSP: Jokowi Belum Tentu Kampanye Pakai Pesawat RI-1, Kenapa Ribut?


Penggunaan fasilitas kendaraan milik negara oleh petahana dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kampanye Pilpres 2019 mendatang, diperbedatkan. Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Eko Sulistyo mengatakan fasilitas itu belum tentu digunakan oleh Jokowi.

Eko mengatakan KPU sendiri telah mengizinkan penggunaan fasilitas kendaraan milik negara untuk kampanye Pilpres. Sehingga secara aturan tidak ada yang dilanggar.

"KPU sebagai penyelenggara pemilu sudah mengatur hal itu. Artinya, yang penting secara prinsip, KPU sudah mengatur penggunaan Pesawat Kepresidenan itu diperbolehkan," kata Eko di Kantor Staf Kepresidenan, Gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2018).

Eko juga mengatakan, kebijakan itu sebenarnya belum tentu digunakan oleh Jokowi. Oleh sebab itu, kata Eko, jangan dulu meributkan hal yang belum dilakukan.

"Dalam aspek implementasinya, belum tentu juga (pesawat kepresidenan) digunakan oleh Pak Jokowi, jadi kenapa diributkan? Apakah nanti Pak Jokowi akan menggunakan? Kita belum tahu," kata Eko.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memandang wajar apabila Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan untuk keperluan kampanye pilpres. Sebab, hal tersebut mempertimbangkan aspek keamanan kepala negara.

"Presiden itu kan tidak bisa dipisahkan, pertama, dari segisecurity mesti tetap harus ada pengawal mesti ada pesawat," kata JK di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (11/4). [detik.com]