Saat Paspampres Wanita Kawal Presiden Jokowi


Pemandangan berbeda tampak di sekeliling Jokowi saat menghadiri apel Kartini dan berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (25/4). Biasanya, Jokowi selalu diapit oleh pasukan Paspampres pria berbadan tegap dan kekar.

Tapi kali ini, Jokowi dikelilingi oleh personel Paspampres wanita. Tak kalah dengan Paspampres pria, dengan sigap dan cekatan, mereka mengawal pergerakan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Mereka pun tampak siaga melindungi Jokowi di tengah Apel Kartini yang dihadiri oleh ribuan orang tersebut.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, tak memberi penjelasan banyak terkait Paspampres wanita yang tampak mendominasi itu. Namun, ia mengatakan bahwa kondisi itu memang dikonsep untuk memperingati Hari Kartini.

"Iya memang sengaja personelnya perempuan karena untuk memeriahkan Hari Kartini," kata Bey saat dikonfirmasi, Rabu (25/4).


Paspampres Jokowi sendiri memang terdiri dari personel pria dan wanita. Personel yang mengawal Jokowi, Iriana Widodo dan keluarganya tergabung dalam grup A Paspampres. Biasanya, dalam kegiatan Jokowi sehari-hari, personel yang menempel adalah pria. Ada juga personel Paspampres wanita tapi tidak selalu melekat sebagai pengamanan pribadi (pampri) Jokowi.

Belum dapat dipastikan apakah Jokowi akan mulai menggunakan pengamanan pribadi personel paspampres yang wanita.

Sebelum menghadiri pelepasan ekspor Expander, Jokowi sempat mengahdiri apel bersama wanita TNI, Polwan dan wanita komponen bangsa. Acara untuk memperingati Hari Kartini ini diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat.

Dalam apel ini setidaknya ada 10 ribu wanita yang ikut serta. Mereka terdiri dari wanita TNI, Polwan, gabungan ASN dari Kementrian dan Lembaga, Satpol PP, Tagana, serta Paskibraka, Menwa (UI, UPN, IPB), Pramuka, dan Perwakilan dari berbagai organisasi wanita. [kumparan.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel