RI Umumkan ke Dunia Punya Bandara Baru di Kertajati


Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat sebentar lagi rampung. Rencananya soft launching Bandara Kertajati pada Mei, dan akan dipakai penerbangan jemaah haji pada Juli.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso, pemerintah sudah menyampaikan ke dunia Indonesia punya bandara internasional selain Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

"Pendaratan di Kertajati per 1 Maret ini kita sudah umumkan ke seluruh dunia bahwa ada bandara baru di Kertajati dan ini akan diterbangi secara umum dan nanti penerbangan perdana nanti direncanakan untuk pemberangkatan jemaah haji dari Jabar. Sebagian di Kertajati sebagian lagi di Soetta," kata Agus di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Mengenai progresnya, Agus mengungkapkan semua fasilitas dari sisi kesiapan udara 100% siap. Sedangkan di sisi darat mulai dari terminal, landasan pacu atau runway, taxiway, apron dan lainnya pun sudah siap.

"Ini yang jadi scheme daripada Bandara Kertajati yang insya Allah akan segera beroperasi dan juga bisa mengakomodir sahabat, rekan kita semua yang ingin melaksanakan ibadah haji ke mekkah. Jadi ada satu tambahan baru embarkasi haji airport di Kertajati," kata Agus.

Agus mengungkapkan tipe pesawat yang bisa beroperasi di bandara tersebut berbadan besar. Hanya saja, belum bisa dipastikan akan ada berapa pesawat yang bakal beroperasi di Kertajati.

"Pokonya nanti ada yang akan diterbangkan ke sana. Sekarang diterbangkan dari Bandara Soekarno-Hatta, tapi dengan siapkan Bandara Kertajati ini, ada bebebrapa juga yang akan diterbangkan dari Kertajati. Jd ada dua titik untuk penerbangan haji ini," tutup dia. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel