Kementerian Pertanian Siapkan Rp 1 Triliun Sebar 1.000 Alat Pengering Padi


Kementerian Pertanian (Kementan) merevisi anggaran 2018 agar fokus membantu petani miskin. Salah satu hasilnya, dialokasikan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk membeli 1.000 dryer atau alat pengering pasca panen.

Anggaran yang dialokasikan untuk membantu petani memiliki dryer ini dilakukan Kementan atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disaat kunjungan ke daerah dan bertemu para petani.

Amran bercerita bahwa Jokowi mendapat permintaan dari para petani agar disediakan alat pengering pasca panen. Maka dialokasikan dana sebesar itu untuk dryer yang dibagikan tahun ini.

"Intinya kami revisi anggaran sesuai arahan Pak Presiden. Banyak masyarakat minta dryer pasca panen di lapangan. Atas arahan Pak Presiden kami sudah revisi anggaran kurang lebih Rp 1 triliun untuk dryer," lanjutnya.

Seiring upaya pemerintah memacu produktivitas hasil pertanian maka juga perlu disediakan alat pengering pasca panen supaya kualitas panen lebih bagus dan bisa diserap oleh pasar.

"Ini juga sebagaimana permintaan petani disaat pak presiden kunjungan. Alhamdulillah sudah anggaran kami fokus (ke petani miskin)," tambahnya.

Untuk diketahui, mulai 23 April mendatang Kementan juga bakal menggelontorkan sebanyak 50 ekor ayam kepada 4 juta keluarga petani miskin di Indonesia secara bertahap. Hal ini sebagai langkah mengatasi kemiskinan di bidang pertanian.

"Kita berikan bantuan rencananya 50 ekor ayam 1 rumah, ada juga kambing," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Minggu (15/4/2018).

Selain ayam, Kementan juga akan membagi tanaman holtikultura untuk dibudidayakan oleh petani hingga menghasilkan buah-buahan yang siap dijual oleh mereka. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel