Presiden Jokowi: Trans Papua Hapus Keterbatasan Akses


Pemerintah menginginkan daerah di Papua saling terhubung. Hal ini menjadi latar belakang pembangunan Trans Papua.

"Trans Papua itu gunanya untuk menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga memudahkan warga untuk bisa mengakses ke distrik (kecamatan), mengakses ibu kota kabupaten, supaya ada koneksi antarprovinsi, antarkabupaten dan antarkota. Arahnya ke sana," kata Presiden Joko Widodo di Kabupaten Asmat, Papua, seperti dilansir Antara, Kamis, 12 April 2018.

Menurutnya, Trans Papua dapat menghubungkan daerah yang terisolir seperti di pedalaman dan pesisir. Keterbatasan konektivitas di Papua harus diselesaikan. Sebab, tanpa menyelesaikan masalah itu, problem mendasar di Papua tak akan pernah tuntas.

Jokowi menyebut sejumlah pekerjaan rumah, pemenuhan gizi bagi warga, rumah layak huni, fasilitas pendidikan, dan kesehatan. Oleh karenanya, Trans Papua sebagai infrastruktur pendukung perlu segera rampung.

"Terlepas dari berbagai dinamika yang ada, hal ini harus diketahui oleh semua kita," katanya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengapresiasi program-program yang dikerjakan berbagai kementerian terkait bersama Pemkab Asmat dan Satgas TNI pasca dicabutnya status Kejadian Luar Biasa/KLB campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat pada akhir Januari lalu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membangun bak penampungan air bersih lengkap dengan sumur bor di sembilan lokasi di Asmat, lima diantaranya di Kota Agats dan empat lainnya di distrik-distrik yang lain.

Penyediaan fasilitas air bersih sangat penting untuk mendukung ketersediaan air bagi warga Asmat yang selama bertahun-tahun mengandalkan air hujan untuk konsumsi dan kebutuhan sehari-hari lantaran wilayah Asmat yang berada di daerah rawa dengan kondisi air payau.

Presiden Jokowi mengatakan penyediaan fasilitas air bersih tersebut tidak hanya berkaitan dengan pemenuhan gizi anak-anak tapi juga sanitasi atau kesehatan lingkungan yang semakin baik. [metrotvnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel