Wiranto: Pembangunan Perbatasan Penting buat Keamanan


Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menilai, pembangunan wilayah perbatasan penting dilakukan. Pasalnya, ancaman yang dihadapi negara tak lagi serangan militer, tapi narkoba dan radikalisme.

"Ada serangan narkoba, ada human trafficking, ada radikalisme, terorisme, illegal fishing, illegal logging, semua itu ancaman yang melalui perbatasan," kata Wiranto dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa, 17 April 2018.

Wiranto mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo memberikan kesejahteraan dan keadilan buat masyarakat perbatasan. Menurut dia, upaya ini sangat penting dari sisi pendekatan keadilan sosial.

Ia pun meminta pembangunan wilayah perbatasan dipercepat. Pasalnya, perbatasan yang lemah bisa memudahkan sejumlah ancaman masuk ke wilayah Indonesia.

Wiranto menegaskan pembangunan infrastruktur perbatasan akan menumbuhkan satu wilayah pemukiman di perbatasan. Wilayah ini akan memperkuat pertahanan nasional.

"Artinya, bahwa pembangunan perbatasan ini mutlak dan harus segera dipercepat, dan itu dilaksanakan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Tjahjo Kumolo) sebagai kepala BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan)," kata Wiranto.

Wiranto menyebut hasil pembangunan telah mulai terlihat. Sarana dan prasarana transportasi sudah mulai tersedia buat masyarakat.

"Jalan-jalan tembus wilayah perbatasan itu sudah banyak sekali, belum lagi adanya pembangunan pos lintas batas yang dulunya kumuh," kata Wiranto. [metrotvnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel