Mendagri: Pilkada Ini Milih Kepala Daerah Tapi Aromanya Pilpres

Foto: Andhika/detikcom

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pilkada serentak 2018 ini terasa seperti pileg dan pilpres. Namun, ia mengatakan pelaksanaan pilkada berjalan lancar.

"Pilkada serentak tahun ini ujian walaupun memilih kepala daerah tapi aromanya sudah aroma pileg dan pilpres. Tapi masyarakat kita cukup dewasa sehingga tidak ada gangguan sekecil apapun di pilkada ini," kata Tjahjo dalam sambutannya di Apel Bersama ASN Kemendagri dan BNPP dalam Rangka Bulan Bhakti Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/6/2018).

Meski demikian, Tjahjo menyatakan masih ada catatan dalam pelaksanaan pilkada seperti di sejumlah daerah di Papua. Namun, dia menyebut kondisi di Papua masih dalam tahap wajar.

"Ada beberapa catatan seperti di Papua, di Nduga, di Jaya Wijaya. Masih ada sedikit riak-riak, masih pada tahap wajar. Dan hampir keseluruhan bisa teratasi dengan baik pilkadanya. Laporan-laporan kerusuhan, bencana juga tidak ada sehingga jalannya pemungutan suara sambil nanti kita nunggu penghitungan suara, pertengahan bulan ini bksa kita lihat hasilnya secara tuntas," ucapnya.

Dia mengatakan lancarnya pilkada serentak 2018 kemarin tak lepas dari kerja sama antara berbagai instansi. Tjahjo menyatakan ada peran serta dari berbagai instansi dalam pilkada ini.

"Ini berkat peran serta kepolisian, TNI, BIN, Satpol PP, Damkar yang terintegrasi semua di daerah mengawal mengamankan jalannya pilkada serentak untuk memilih kepala daerah yang amnah di daerah masing-masing," pungkasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel