Menteri Rini: Duit Inalum Sudah Siap Beli Freeport

Foto: Okezone

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan pendanaan PT Indonesia Asaham Alumunium (Inalum) untuk mengakuisisi PT Freeport Indonesia (PTFI) sudah siap. Akuisisi dilakukan dengan membeli hak kelola Rio Tinto sebesar 40%di Freeport Indonesia.

"Inalum sudah siap pendanaannya, konsorsium perbankannya sudah siap," kata Rini di UI, Depok, Kamis (28/6/2018).

Menurut Rini, saat ini proses divestasi saham Freeport tinggal finalisasi antar Kementerian ESDM, Keuangan.

"Kita tinggal finalisasi beberapa hal terutama dari Freeportnya dengan Kementrian ESDM dan Kementrian Keuangan sehubungan dengan stabilisasi investasi dan IUPK-nya semua beres itu saja," sambungnya.

Rini menargetkan, selain divestasi saham, proses-proses perundingan dengan Freeport bisa diselesaikan. "Kita harapkan dalam prosesnya semua selesai semua," tukasnya.

Sebelumnya, Inalum dipastikan sudah mendapatkan angka valuasi dari 41,64% saham PT Freeport Indonesia yang akan diakuisisi. Angka tersebut sekaligus akan menggenapi saham pemerintah menjadi 51% di perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi mengatakan, hasil penghitungan valuasi nilai saham tersebut nantinya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat, sehingga diharapkan, proses negosiasi akuisisi saham Freeport bisa rampung pada Juni 2018.

"Insya Allah sih harusnya urusan valuasi bisa mendapatkan angka yang terbaik. Insya Allah doakan supaya kita bisa membawa aset besar kita ke Bumi Pertiwi," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 22 Juni 2018. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel