Pengamat: Jagoannya Banyak Menang di Pilkada, Peluang Jokowi Menang Pilpres Terbuka Lebar

Foto: Dok. TribunNews
Analis politik Exposit Strategic, Arif Susanto mengatakan bahwa dengan menangnya figur-figur pendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilkada Serentak 2018 akan meningkatkan peluang Jokowi menang di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

"Dengan figur-figur pendukung Jokowi memenangi pilkada, peluang di atas kertas Jokowi cenderung meningkat," kata Arif saat menjadi pemateri diskusi di Kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat (29/6/2018).

Apalagi, kata dia, muncul pernyataan calon gubernur Jabar Ridwan Kamil dan calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang akan memberikan dukungan kepada Jokowi di Pilpres.

"Dua pernyataan yang pernah dilontarkan dan sekarang diulang-ulang oleh Ridwan Kamil dan Khofifah bahwa mereka akan memberikan dukungan kepada Jokowi. Tidak ada yang pasti dalam politik, jadi itu adalah situasi sebelum pilkada," ucapnya.

"Tetapi tentu saja seandainya Jokowi mampu menjaga Khofifah dan Ridwan Kamil dalam kasus ini maka saya percaya mereka akan menjadi vote getter dalam pemilu presiden mendatang," ia menambahkan.

Selain itu, Arif juga menjelaskan bahas soliditas dukungan partai dan figur akan menjadi vote getter yang penting.

"Dengan hasil yang ada, soliditas dukungan pada level partai dan pada level figur vote getter menjadi penting," pungkasnya. [tribunnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel