Pilkada Damai, Moeldoko Anggap Indonesia Sudah Dewasa Berdemokrasi

Foto: Dok. Kompas.com

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mengapresiasi pelaksanaan Pilkada serentak, 27 Juli 2018 lalu, di 171 daerah yang berlangsung dengan damai.

Menurut Moeldoko, suksesnya pesta demokrasi lima tahunan tersebut menandakan konsolidasi demokrasi Indonesia semakin baik.

"Kami mengapresiasinya, kita sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi, partisipasi publik tinggi. Itu sebenarnya indikator Indonesia dalam konteks konsolidasi demokrasi yang sudah berhasil dengan baik," ujar Moeldoko saat dijumpai di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

"Setelah berjalannya Pilkada ini, ada yang menurut hitung cepat menang, ternyata semua tenang. Tidak ada situasi yang berdarah-darah. Itu indikatornya," lanjut dia.

Oleh sebab itu, Moeldoko mengapresiasi seluruh stakeholder yang berkontribusi menciptakan suasana damai.

Mulai dari penyelenggara, yakni KPU dan Bawaslu, partai politik, pasangan calon kepala daerah peserta Pilkada, para tim sukses serta yang terpenting adalah masyarakat.

Ia berharap, situasi aman dan damai seperti ini dapat dipertahankan hingga tahun politik 2019 mendatang, di mana Indonesia melaksanakan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden wakil presiden.

"Semoga tahun depan berjalan dengan baik," ujar Moeldoko. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel