Usai Pilkada 2018, Nasdem dan Golkar Yakin Koalisi Pendukung Jokowi Makin Solid

Foto: Bayu/Okezone

Pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 sudah selesai, meski beberapa TPS masih ada yang harus menggelar coblos ulang. Tapi, hasil hitung cepat sudah memperlihatkan para pemenangnya. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Golkar yakin koalisi parpol pendukung Joko Widodo (Jokowi) tetap solid pascapilkada.

Gelaran Pilkada 2018 kerap dianggap sebagai ajang pemanasan untuk menyongsong perhelatan Pilpres 2019. Pilkada digunakan sebagai ajang untuk memetakan kantong-kantong suara. Karena hasil diraih partai pendukung Jokowi berbeda-beda pada Pilkada, maka sebagian kalangan memperkirakan koalisi pro pemerintah akan retak.

Sekjen Partai Nasdem Johny G. Plate membantah anggapan tersebut. Ia meyakini usai berlangsungnya Pilkada, koalisi partai pendukung Jokowi akan semakit kuat. Sebab, berdasarkan penghitungan dari seluruh 171 daerah yang menggelar Pilkada, hasilnya cukup memuaskan, yaitu menunjukkan kalau parpol yang tergabung dalam koalisi Jokowi secara keseluruhan keluar menjadi pemenang.

“Dengan hasil Pilkada tambah solid. Koalisi Jokowi ini menang besar menambah kekompakan,” kata Johny, Sabtu (30/6/2018).

Pasangan diusung Partai Nasdem, Partai Golkar, PPP, PDI Perjuangan dan Partai Hanura mendominasi kemenangan di Pilkada 2018. “Hampir semuanya itu menang. Kan berarti makin kuat. Kok dibolak balik menanggapinya? Yang dari sebelah saja mau berusaha menafsirkan macem-macem,” kata dia.

Sementara Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan meyakini kalau hasil Pilkada 2018 tak akan mempengaruhi koalisisi partai pendukung Jokowi. Karena berdasarkan perhitungan internal Partai Golkar, secara umum dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada dimenangkan oleh pihaknya.

“Kita akan semakin konsisten terhadap Presidem Jokowi. Karena kalau kita lihat dari hasil Pilkada kemarin kan sebetulnya hasil pilkada ini secara umum justru dimenangkan oleh kita,” ujarnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel