Yogya-Solo 3 Jam, Menhub: Salah Satu Solusinya Dibangun Tol

Foto: Sukma Indah Permana

Menteri Perhubungan (Menhub)Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini waktu tempuh Yogyakarta-Solo mencapai tiga jam. Menurutnya persoalan ini harus dicarikan solusi, salah satunya dengan jalan tol.

"Saya mengimbau karena Yogyakarta-Solo itu bisa tiga jam sekarang ini, kita mesti kasih solusi," kata Budi kepada wartawan di MM FEB Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (30/6/2018).

Menurutnya, untuk mengurai persoalan tersebut pemerintah telah menyusun master plan pembangunan tol melewati Yogyakarta. Dia berharap tol tersebut bisa menghubungkan wilayah Jogja-Solo-Semarang atau Joglosemar.

"Master plannya sudah ada. Saya pikir bagus kalau ada. Kalau saya mengusulkan Bawen-Yogyakarta terus ke Solo, mestinya ya," jelasnya.

"Saya dengar Pak Sultan sudah setuju (pembangunan tol), saya dengar ya," lanjutnya.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengaku setuju pembangunan tol yang menghubungkan Joglosemar. Namun Sultan memberi syarat konsep tol yang melewati wilayah Yogyakarta harus elevated atau melayang.

"Kami sudah ada kesepakatan dalam pengembangan Yogya dan kawasan Joglosemar," kata Sultan dalam acara syawalan di Parasamya Pemkab Bantul, Senin (25/6) lalu.

Di antara ruas tol yang dibangun yakni tol Yogyakarta-Solo melewati Prambanan. Kemudian ada tol Yogyakarta-Semarang dengan rute Semarang-Bawen-Secang-Borobudur. Selanjutnya dari Borobudur disambung ke Yogyakarta.

"Tapi itu elevated (tol layang), di atas untuk nyambung di Ring Road Utara sebelah barat, lewat di atas sungai Selokan Mataram. Itu sudah disepakati untuk tol," kata Sultan. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel