Jalan Lintas Solok yang akan dilalui Presiden Jokowi ditimpa longsor

Foto: Merdeka.com

Jalan lintas Solok menuju Solok Selatan atau tepatnya di Jorong Data Kenagarian Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ditimpa oleh longsor setinggi dua meter pada Sabtu (30/6) sore.

Informasi yang berhasil dirangkum merdeka.com di lapangan, jalur tersebut direncanakan akan dilintasi oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rencana lawatannya ke kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dalam waktu dekat ini.

Akibat kejadian tersebut, longsor menutupi jalan utama yang menghubungkan dua Kabupaten tersebut setinggi dua meter dan arus lalu lintas sempat macet total hingga tiga jam lamanya.

Kapolsek Lembah Gumanti Iptu Amin Nurrasid menyebut bahwa longsor disebabkan oleh aktivitas galian C yang berada di kawasan perbukitan yang berada tak jauh dari jalan lintas tersebut.

"Kami menduga longsor ini akibat tambang pasir galian C yang berada di bukit di samping jalan itu. Kita harap ini menjadi perhatian pemerintah, sebelum bencana longsor ini memakan korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar," ujar Kapolsek.

Tambah Amin, untuk membersihkan material sia longsor, pihaknya meminta bantuan alat berat milik Dinas Prasarana, Jalan, Tata Ruang, dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat.

"Saat ini (jalan) sudah bisa dilewati kembali, namun pemilik kendaraan dan masyarakat harus tetap waspada akan bahaya longsor susulan," tukasnya. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel