LRT Palembang Sudah Bisa Melaju Hingga 90 Km/Jam

Foto: Dok. Humas LRT Palembang 

Progres pembangunan dan uji coba kereta Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan kini terus dikebut. Hal ini menjelang jadwal kereta beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Wododo (Jokowi) 15 Juli nanti.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Palembang, Suranto mengatakan saat ini progres sudah mencapai lebih dari 95%. Sedangkan untuk uji coba dinamis kereta sudah dilakukan dari Depo ke stasiun di RSUD Provinsi Sumatera Selatan.

"Uji coba dari Depo Jakabaring hingga ke stasiun RSUD selesai tadi malam, artinya kereta sudah diuji coba untuk dapat jalan sekitar 16 km atau sisa 7,5 km lagi untuk sampai di stasiun bandara," kata Suranto saat ditemui di Palembang, Senin (2/7/2018).

Suranto mengatakan, uji coba kereta ini tidak hanya dilakukan pada malam hari saja. Tapi pada siang hari tim dari Balai Pengujian terus melakukan serangkaian uji coba, termasuk pada dari kebisingan rel saat kereta melintas.

Setelah menjalani serangkaian uji coba di 8 stasiun dari Depo ke stasiun RSUD, Balai Pengujian Kereta Api rencananya kembali melanjutkan hingga ke stasiun bandara SMB II. Ditargetkan dalam dua hari ini pengujian selesai.

"Nanti malam lanjut lagi, target memang dalam 2-3 hari ke depan uji coba selesai sampai ke stasiun bandara. Sekarang ini ada 3 stasiun lagi belum dilintasi kereta, yakni stasiun Telkom, stasiun di asrama Haji dan terakhir stasiun bandara," papar Suranto.

"Kecepatan maksimal sejauh ini sudah di angka 90 km/jam. Tapi kecepatan dapat dicapai hanya di trek lurus saja dan jarak antar stasiun sekitar 2 km. Untuk trek ini hanya ada di stasiun Polresta ke stasiun Jakabaring," katanya.

Selain uji coba, kata Suranto, PT INKA di Madiun, diketahui sudah mengirimkan dua train set kereta lagi ke Palembang. Kedua train set itu dijadwalkan tiba di pelabuhan Boom Baru hari ini atau besok.

Setelah seluruh rangkaian kereta tiba di Palembang, kereta rencananya langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi 15 Juli. Pengoperasian kereta sekaligus sebagai transportasi pendukung atlet dan official saat Asian Games Agustus mendatang.

"Untuk 15 Juli nanti semua sudah siap. LRT siap beroperasi saat Asian Games dan menjadi transportasi modern yang ada di Palembang dan melayani warga di sini," tegas Suranto. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel