Presiden Jokowi: Bendungan Paselloreng Akan Mengairi 7.000 Hektare Sawah

Foto: Muhammad Taufiqqurrahman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Jokowi menyebut nantinya bendungan ini akan mampu mengairi 7.000 hektare sawah.

Jokowi meninjau bendungan Paselloreng didampingi oleh istrinya Iriana Jokowi, dan Mentwei PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (3/7/2018).

Dia sempat melihat langsung proses pengerukan tanah dan masuk ke dalam bilik utama bendungan yang masih dalam tahap pengerjaan.

"Tahun ini akan selesai delapan bendungan yang sudah dikerjakan 3-4 tahun lalu. Antara lain bendungan Rotiklot di NTT, Tanjungmila di Sumbawa NTB, Gondang di Karang Anyar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, bendungan Paselloreng nantinya bisa menampung sekitar 138 juta meter kubik air.

"Diharapkan bisa mengairi sekitar 7.000 hektare sawah," kata Jokowi.

"Arahnya semuanya ke sana. 49 bendungan yang kita bangun ini adalah menyiapkan air untuk irigasi, pertanian dari larinya nanti ke swasembada pangan," sambungnya.

Menurutnya, bendungan Paselloreng adalah bendungan yang sangat besar dengan luas lahan yang menggabungkan milik negara seluas 365 hektare dan 1.800 hektare lahan milik masyarakat.

Saat ini, pembangunan konstruksi bendungan telah selesai sekitar 73% dan ditargetkan akan selesai pada Februari 2019. Fungsi bendungan ini juga dapat dijadikan sebagai kebutuhan air baku masyarakat dan pembangkit listrik 2,5 megawatt. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel