Rencana Ibu Kota RI Pindah ke Luar Jawa Tunggu Arahan Presiden Jokowi

Foto: Agung Pambudhy

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Bappenas telah menyerahkan kajian rencana Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta, namun sudah berbulan-bulan lamanya kelanjutan rencana itu tak terdengar lagi.

Deputi bidang pengembangan regional kementerian PPN/ Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, Bappenas masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan rencana tersebut.

"Jadi memang kita masih menunggu arahan dari Presiden. Kita sudah ada kajian, tapi harus dan akan diperdalam lagi," tuturnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Rudy menambahkan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro telah menyerahkan hasil kajian awal rencana pemindahan ibu kota, sehingga pihaknya masih belum mengkaji lebih lanjut sebelum ada arahan dari Jokowi.

"Kalau menurut pernyataan Menteri menunggu keputusan politis. Saya enggak tahu, tapi Pak Menteri sudah sampaikan ke Presiden," tambahnya.

Kajian yang telah diberikan kepada Jokowi hanya kajian awal baik dari sisi ekonomi maupun sosial. Sehingga perlu ada kajian pendalaman sebelum nantinya benar-benar diputuskan

"Pokoknya nanti akan ada follow up. Tapi masih menunggu keputusan politik seperti yang Pak Menteri bilang," tegasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel