Tahun 2013, Presiden Jokowi Juga Pernah Sarankan Berbisnis Sengon

Foto: Fikri Hidayat

Cerita pria asal Banyuwangi, Wahyu Widodo yang menjadi perhatian publik. Dia mengaku tajir melintir karena usahanya berbisnis sengon hingga mendapat kiriman uang 16 kontainer setiap hari.

Bisnis sengon sendiri memang memiliki prospek yang menguntungkan. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun pernah menyarankan untuk berbisnis sengon pada 2013 silam.

Saat itu, Jokowi yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa menanam pohon adalah investasi yang sangat bagus. Terutama pohon kayu jati dan sengon.

Menurutnya, pohon sengon dapat memakmurkan rakyat dengan kayu yang dihasilkan. Kedua pohon itu sekaligus juga dapat mengatasi persoalan kerusakan hutan di Indonesia.

"Pembibitan siap, harga jual kayu jati dan sengon juga sangat bagus," ungkap Jokowi di Balairung UGM, Yogyakarta, beberapa tahun silam.

Saat itu, Jokowi memperkirakan, bila masyarakat mau menanam kedua pohon tersebut, masyarakat akan memperoleh keuntungan. Dengan biaya perawatan setiap enam bulan sekali selama lima tahun di lahan seluas satu hektar, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 800 juta.

Menurutnya dengan menanam 2.500 batang dengan investasi sebesar Rp 32 juta selama lima tahun, petani bisa hasilkan Rp 900 juta saat panen.

"Kalau dikurangi biaya produksi Rp 32 juta, keuntungan bisa lebih dari Rp 867 juta hanya dari satu hektar atau Rp 14,4 juta per bulan," paparnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel