Bamsoet: Jokowi Umumkan Cawapres dan Daftar di Hari Terakhir

Foto: Uje Hartono/detikcom

Politisi senior Partai Golkar yang juga Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan Jokowi kemungkinan akan mengumumkan cawapresnya pada tanggal 10 Agustus mendatang atau di haro terakhir pendaftaran. Setelah mengumumkan, Jokowi akan langsung mendaftar.

"Kayaknya akan diumumkan tanggal 10 Agustus sekaligus mendaftar," ujar Bambang kepada wartawan usai temu kader Partai Golkar di Banjarnegara, Jumat (3/8/2018).

Namun demikian, Bamsoet enggan menyebutkan nama yang akan menjadi pendamping Jokowi dalam Pilpres mendatang. Alasannya, penentuan Cawapres adalah kewenangan dan diputuskan oleh Jokowi.

Dia hanya mengatakan Jokowi sudah mengantongi sejumlah nama kandidat cawapres dari berbagai bidang. Jika Jokowi membutuhkan pendamping dari bidang ekonomi ada nama Sri Mulyani dan Chairul Tanjung. Jika membutuhkan yang menguasai pemahaman agama mendalam, ada nama Mahfud MD, Tuan Guru Bajang, Ketua MUI hingga imam Masjid Istiqlal.

"Jadi tergantung yang dibutuhkan Indonesia saat ini apa. kalau dari sisi keamanan, ada nama Moeldoko, Tito Karnavian. Atau dari sisi politik ada nama ketua partai," paparnya.

Partai Golkar sendiri, kata Bamsoet, tidak ngotot memperjuangkan ketua umumnya untuk meraih posisi cawapres. "Jadi siapapun yang nanti dipilih Jokowi, kita tetap mendukung," tuturnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel