Barisan Nusantara Deklarasikan Dukungan Jokowi-Moeldoko di Pilpres

Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Sejumlah elemen masyarakat yang mengatasnamakan Barisan Nusantara mendeklarasikan dukungan kepada mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko, untuk menjadi cawapres Jokowi. Barisan Nusantara berharap Jokowi memilih Moeldoko sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

"Mengusulkan Bapak Ir. H. Joko Widodo dan Bapak Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sebagai calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024," kata Ketua Umum Barisan Nusantara, Nurdin Tampubolon, saat membacakan teks deklarasi di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (8/8).

Menurut dia, Moeldoko merupakan figur yang tepat untuk mendampingi Jokowi. Selain sebagai sosok yang diterima oleh semua kalangan, Meoldoko juga dianggap dapat membantu Jokowi dalam menyelesaikan sejumlah masalah bangsa yang belum optimal, seperti dari segi keamanan.

"Beliau yang bisa mengatur stabilitas keamanan. Tanpa dukungan daripada wakil yang memiliki strategi pertahanan dan keamanan dan stabilitas, mustahil menurut kami maksimal hasil yang akan dicapai dalam pembangunan nasional di periode berikutnya," paparnya.

Selain itu, mantan politikus Hanura ini berpendapat bahwa Moeldoko mempunyai keahlian dalam mengelola sumber daya alam agar lebih maksimal.
"Beliau ini (Jokowi), perlu dibantu oleh orang juga yang mengetahui sumber daya alam, seperti pertanian. Figur (Moeldoko) dapat turun langsung ke desa-desa," jelasnya.

"Mari mendukung Jokowi agar menggandeng Moeldoko, ini yang paling ideal saat ini. Rakyat akan mendukung, dan memenangkan pilpres mendatang,"

Nurdin berharap Jokowi memilih Moeldoko sebagai cawapresnya, akan tetapi apabila usul itu ditolak, Nurdin menyatakan Barisan Nusantara akan tetap mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Selain mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Jokowi dan Moeldoko, puluhan orang yang hadir dalam acara deklarasi itu juga menyatakan dukungan atas kepemimpinan nasional Presiden Jokowi. Mereka juga siap menjadi mitra strategis pembangunan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan nasional.

"Akan turut serta mensukseskan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang," ujar Nurdin yang juga anggota DPR dari Fraksi Hanura tesebut. 

Dukungan pasangan Jokowi-Moeldoko sebagai pasangan capres-dan cawapres bukan yang pertama kali dideklarasikan, beberapa elemen masyatakat juga ada yang sudah terlebih dahulu mendeklarasikan pada pasangan ini, di antaranya masyarakat yang mengatasnamakan Eksponen Masyarakat Bali Peduli NKRI (EMBPN) yang melakukan deklarasi di Bali.

Lalu, dukungan masyarakat atas nama Masa Depan Kita (MDK) yang melakukan deklarasi di Sukabumi, kemudian dukungan dari Gerakan Satu Indonesia,  Jokowi - Moeldoko (Jodoh), deklarasi di Semarang dan elemen masyarakat lainnya. [kumparan.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel