Akhirnya, Masyarakat Lamandau Bisa Nikmati BBM Satu Harga

Foto: okezone

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Lamandau. Peresmian SPBU ini sebagai bentuk komitmen dan realisasi dalam upaya mewujudkan BBM Satu Harga di Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah.

SPBU di Kabupaten Lamandau diresmikan langsung oleh Komite BPH Migas Hari Pratoyo. Selain itu, acara peresmian juga dihadiri oleh perwakilan dari PT Pertamina (Persero) dan juga Pemerintah Daerah Kabupaten Lamandau.

"Dengan ini saya resmikan penyalur BBM Satu Harga SPBU Kompak 66.746.001 Kecamatan Belantikan Raya, Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Komite BPH Migas Hari Pratoyo dalam acara peresmian SPBU di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, Kamis (12/9/2018).

Hari berharap agar seluruh pihak bisa bersama-sama mengawasi penyaluran di SPBU tersebut. Sehingga BBM penyalur satu harga ini bisa berjalan dengan tepat sasaran dan tepat jumlah.

"BPH Migas mengharapkan agar Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Lamandau agar ikut serta mengawasi ketersediaan dan pendistribusian BBM di penyalur satu harga ini agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan," jelasnya.

Hari juga menambahkan, BBM Satu Harga ini adalah bukti begitu besarnya perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya. Apalagi saat ini melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak berkomitmen menyediakan harga BBM yang sama rata di seluruh Indonesia.

"Tidak adil lah BBM murah hanya di dapatkan di kota-kota besar yang justru secara ekonomi sudah mampu," ucapnya.

Sebagai informasi, secara nasional, dari tahun 2017 sampai tahun 2019 akan dibangun 160 Penyalur BBM Satu harga. Pada tahun 2017 telah terbangun 57 Penyalur BBM Satu Harga dengan rincian 54 Penyalur oleh PT Pertamina (Persero) dan 3 Penyalur oleh PT AKR Corporindo TBK.

Pada Tahun 2018 ini target Penyalur BBM Satu Harga sebanyak 73 penyalur. Adapun rinciannya adalah 67 penyalur oleh PT. Pertamina (Persero) dan 6 penyalur oleh PT. AKR Corporindo, TBK.

Sampai hari ini, termasuk Penyalur BBM Satu Harga telah beroperasi 25 Penyalur BBM Satu Harga. Adapun rinciannya 23 penyalur oleh PT. Pertamina (Persero) dan 2 penyalur oleh PT. AKR Corporindo, TBK.

Khusus untuk Provinsi Kalimantan Tengah, pada tahun 2017 sudah beroperasi 1 penyalur BBM Satu Harga yaitu di Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan. Pada tahun 2018 ditargetkan akan ada 5 penyalur BBM Satu Harga yang beroperasi, dimana 2 sudah beroperasi yaitu penyalur di Kecamatan Belantikan Raya yang sekarang akan diresmikan dan Kecamatan Katingan Kuala, Kabupate Katingan. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel