Cerita Lucu Purwanto Minta Sepeda ke Jokowi lalu Ditanyai soal Asian Games


Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada warga di Stadion Krida Bhakti, Kecamatan Purwodadi, Sabtu (15/9/2018).

Agenda kunjungan Jokowi ini rupanya menjadi momen yang tak terlupakan bagi Purwanto (53), warga Desa Jangkungharjo, Kecamatan Brati, Grobogan.

Dari ribuan warga yang hadir, Purwanto bisa dibilang termasuk salah satu orang yang beruntung saat itu. Pria yang sehari-hari menjadi petani ini mendapatkan hadiah istimewa, sebuah sepeda gunung, yang diberikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Di sela kegiatan, awalnya Jokowi sempat bertanya siapakah warga yang berusia di atas 50 tahun dan baru memiliki sertifkat tanah. Seketika itu juga, banyak warga di hadapan Jokowi yang langsung mengacungkan jari tangannya. Tak terkecuali Purwanto yang usianya 53 tahun.

Saat itu juga, oleh Jokowi, Purwanto diminta maju ke panggung dan berdiri di samping Jokowi yang saat itu berada di podium.

Purwanto terlihat canggung di atas panggung. Dia lalu ditanyai berbagai macam hal oleh Jokowi, mulai dari identitasnya hingga seputar tanah atas nama Purwanto yang sertifikatnya diperolehnya hari ini.

"Nama saya Purwanto. Saya didaftarkan untuk mengurus sertifikat sekitar tujuh bulan lalu. Alhamdulillah, sekarang sudah jadi sertifikatnya dan gratis. Terima kasih Pak Presiden Jokowi," katanya.

Lucunya dalam kesempatan itu, Purwanto memberanikan diri untuk meminta hadiah sepeda kepada Jokowi. Permintaan itu seketika dilontarkan oleh Purwanto karena dirinya sering melihat Presiden Jokowi berbagi sepeda pada masyarakat di televisi.

"Kalau dapat sepeda dari Pak Jokowi, mau saya pakai olahraga tiap pagi, Pak. Biar tambah sehat," kata bapak tiga anak itu yang disambut tawa Jokowi dan tamu undangan lainnya.

Jokowi pun mengamini permintaan Purwanto dengan catatan, Purwanto harus mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Jokowi meminta Purwanto untuk menyebutkan lima cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games lalu.

"Saya tanya di Asian Games ada 40 cabang olahraga. Sebutkan lima saja," tanya Jokowi.

Tanpa pikir panjang, Purwanto langsung menjawab pertanyaan Jokowi.

"Panjang tebing, bulutangkis, tinju, renang dan balap sepeda," jawab Purwanto.

"Bagus, jawabannya benar tadi, Pak. Silakan ambil sepedanya yang ada tulisannya 'Hadiah Presiden Jokowi' di sebelah sana, Pak," kata Jokowi.

Setelah acara, Purwanto terlihat semringah menuntun sepedanya perlahan-lahan. Kakek satu cucu itupun berhenti di depan Stadion Krida Bhakti menunggu rombongan presiden meninggalkan lokasi acara.

Purwanto sendiri tak menyangka bakal mendapat hadiah dari orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Hadiah ini tidak ternilai harganya bagi saya. Terimakasih pak Presiden Jokowi," katanya.

Selain Purwanto, warga lainnya yang mendapat hadiah sepeda dari Jokowi adalah Purminah (65), warga Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.

Sama seperti Purwanto, dalam acara tersebut, Purminah juga ditunjuk oleh Jokowi untuk naik ke atas panggung.

"Saya sudah tidak kuat naik sepeda. Sepeda ini nantinya akan saya berikan kepada cucu untuk sekolah. Terimakasih Pak Jokowi," kata Purminah. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel