Cerita Surono Jadi Kusir Andong Jokowi: Saya Grogi

Foto: Kumparan

Presiden Jokowi bersama ibu negara menyempatkan diri berjalan-jalan di sepanjang Jalan Maliboro, Yogyakarta. Menikmati malam di Yogyakarta pada Kamis (27/9), Jokowi memilih menaiki andong untuk menyapa masyarakat.

Keputusan Jokowi naik andong membawa berkah tersendiri bagi Surono (41). Kusir yang telah delapan tahun menarik andong mengaku terkejut dipilih langsung Jokowi untuk mengantar berkeliling Malioboro.

"Saya (saat itu) di paling ujung Hotel Inna Garuda tahu-tahu (Jokowi) dari mobil turun langsung naik ke andong saya. Saat itu saya sedang megang si putih (nama kudanya) karena takut melihat mobil banyak. Malah suruh mengantar sampai ke istana," kisahnya.

Bahkan saking groginya Surono, ia mengaku sampai mengeluarkan keringat dingin. Sepajang jalan, Surono mengaku tidak mengobrol banyak dengan Jokowi, lantaran orang nomor 1 di Indonesia tersebut sibuk menyapa warga.

"Saya sebagai kusir delman agak grogi, sebelumnya belum pernah bawa Pak Jokowi, walaupun (Jokowi) sering ke sini (Yogya)," ujarnya.

Jokowi sendiri naik ke andong Surono sebelum 21.00 WIB. Karena sering berhenti, Jokowi baru tiba di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau biasa disebut Gedung Agung pada 22.15 WIB. Seingat Surono, andongnya bahkan berhenti hingga 10 kali lantaran Jokowi melayani swafoto masyarakat.

"Satu jam lebih ada. Enggak ngobrol cuma foto bersama. (Jokowi) minta foto sama kusir. Enggak sempet ngasih harga (juga). Tapi biasanya satu andongnya Rp 1 juta dikasihnya kalau bawa Pak Jokowi," bebernya.

Meski tidak banyak mengobrol, tapi Jokowi sempat berpesan kepada Surono agar menjaga kebersihan andong miliknya. Surono tampaknya beruntung, sempat tidak ingin menarik andong ternyata pelanggannya pertama dan mungkin yang satu-satunya pada hari itu adalah Jokowi.

"Karena malam Jumat delman sedikit saya berminat berangkat. Dari sore belum narik, (ternyata) penumpang pertama pak Jokowi," bebernya.

"Tadi enggak dicek (juga oleh) Paspampres, langsung (Jokowi) naik. Sama istrinya saja, sama ajudannya satu di sebelah saya, malah saya enggak tanya namanya siapa," pungkasnya. [kumparan.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel