Gubernur Maluku Utara Kader PKS Tegas Dukung Jokowi-Ma'ruf


Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyatakan dirinya mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019. Menurut dia tak ada pilihan lain saat ini selain memenangkan Jokowi untuk periode kedua sebagai Presiden RI.

Hal ini ia katakan menanggapi klaim Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding yang menyebut Abdul Gani yang juga politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Saya secara pribadi punya kedekatan dengan beliau, Pak Presiden. Sehingga tidak ada pilihan lain terkecuali memenangkan Jokowi di periode kedua. Ini adalah pilihan terbaik saya," ujar Gani kepada CNNIndonesia, Rabu (12/9).

Pilihan dukungan Abdul Gani ini bertentangan dengan partainya yang merupakan satu dari empat partai pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Abdul Gani menilai, keberhasilan periode pertama Jokowi menjadi tolak ukurnya. Menurut dia memilih Jokowi merupakan pilihan terbaik saat ini.

Abdul Gani menambahkan, kunjungan Jokowi beberapa kali ke Maluku Utara juga menjadi bukti kepedulian mantan Gubernur DKI Jakarta itu terhadap daerah.

Jokowi sendiri tercatat telah mengunjungi Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Pulau Morotai, dan Kota Tidore Kepulauan selama menjabat sebagai presiden.

"Sudah beberapa kali Jokowi kunjungi Maluku Utara. Jadi memilih untuk memenangkan Jokowi adalah pilihan terbaik," ujar dia.

Ia menambahkan lebih jauh, akan memberikan dukungan penuh kepada Jokowi-Ma'ruf. Kendati demikian dia belum bisa memastikan berapa persen dukungan dari Maluku Utara yang bakal bisa diberikan kepada Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau target dukungan ya, saya rasa itu pilihan rakyat ya. Namun kami akan menargetkan dukungan penuh, lagi pula masyarakat Maluku Utara juga saya rasa sangat mendukung Jokowi ya," kata dia.

Abdul Gani Kasuba terpilih menjadi Gubernur pada Pilkada 2013. Saat itu ia didukung oleh PKS dan sejumlah partai lain berpasangan dengan Muhammad Natsir Thaib.

Namun di Pilkada 2018, ia tidak didukung oleh PKS meski berstatus sebagai petahana. Berpasangan dengan Al Yasin Ali, Abdul Gani Kasuba didukung oleh PDIP dan PKPI.

"Di Pilkada lalu saya diusung oleh PDIP dan PKPI, pada Pilpres kali ini saya tetap dukung Jokowi. Tidak ada pilihan lain," ujar Abdul Gani. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel