Janji Solihin GP menangkan Jokowi di Jawa Barat

Foto: merdeka.com

Mantan Gubernur Jabar periode 1970-1974, Solihin GP dipercaya menjadi Dewan Pembina Tim Kampanye Daerah (TKD) Jabar untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Pada Pilpres 2019, dia mengklaim bisa memperbaiki suara Jokowi di Pilpres 2014 yang kalah di Jabar oleh Prabowo Subianto.

"Jokowi tidak kalah. Suara di Jabar itu sudah memenuhi target. Iya memang (di Jabar kalah), tapi di nasional menang," kata Solihin GP.

"Saya masih inget, dulu dia (Jokowi saat Pilpres 2014) nitip pesan, titip Jabar jangan kalah. Alhamdulillah meskipun kalah, tapi menang jadi presiden. Target suaranya tercapai," terangnya.

Sekadar mengingatkan, pertarungan Pilpres 2014 di Jabar, Prabowo unggul dengan perolehan suara 14.167.381 atau 59,78 persen. Sementara Jokowi mendapat suara 9.530.315 atau 40,22 persen.

Pasangan Prabowo-Hatta menang di 22 kabupaten/kota di Jabar. Sementara itu, Jokowi-JK hanya unggul di empat kabupaten/kota di Jabar, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon.

Solihin optimistis Joko Widodo bisa memenangkan Pilpres. Pasalnya, semua tim sudah solid. Salah satu tugas yang ditekankan adalah memperbaiki raihan suara di daerah perbatasan.

Diketahui, Solihin GP ditunjuk Joko Widodo sebagai Dewan Pembina pada 18 September lalu. Mengenai hal itu, Solihin mengaku terharu karena masih dipercaya meski sudah usia senja.

"Saya tidak maksa maksa untuk ditunjuk. Alhamdulillah dipercaya. Kalaupun tidak masuk tim pemenangan pun saya pasti dukung Jokowi. Dukungan kepada Jokowi sudah saya lakukan sejak 2014. Dulu tidak banyak yang kenal Jokowi, tapi saya sudah memprediksi dia bakal menang," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jawa Barat yang juga Ketua TKN Jabar, Dedi Mulyadi menilai semangat Solihin merupakan motivasi baginya untuk mengkonsolidasi kekuatan demi pemenangan Jokowi di Jawa Barat. Soliditas jaringan sampai ke tingkat TPS menjadi kunci bagi kemenangan Jokowi-Maruf.

"Spirit Mang Ihin menjadi motivasi kita. Pokoknya, berjuang bareng untuk kemenangan Pak Jokowi," katanya. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel