Jokowi Minta Evakuasi Jadi Prioritas Pertama dalam Penanganan Gempa dan Tsunami

Foto: Biro Pers Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi korban sebagai langkah pertama penanganan bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

"Yang pertama yang paling penting tadi saya tekankan pada seluruh kementerian, TNI, Polri, juga Pak Gubernur, agar penanganan yang dilakukan pertama adalah yang berkaitan dengan evakuasi," kata Jokowi dalam keterangan resmo Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Minggu (30/9/2018).

Jokowi membenarkan, terdapat beberapa desa yang masih belum bisa dievakuasi karena keterbatasan alat berat.

Ia pun telah menginstruksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera mengirimkan alat berat guna mengevakuasi korban bencana alam tersebut.

"Besok pagi insyaallah Pak Menteri PU sudah mengerahkan alat berat dari Mamuju, dari Gorontalo, dari Poso, menuju ke sini dan nanti malam ini datang jadi besok pagi mulai evakuasi di tempat-tempat yang masih kita perkirakan ada korban yang belum bisa kita ambil," tuturnya.

Jokowi juga telah memerintahkan jajarannya untuk mendistribusikan suplai air dan makanan dengan menggunakan pesawat khusus. Pasalnya, hingga saat ini kondisi Bandara Mutiara Sis Al Jufri belum bisa beroperasi secara normal.

"Karena airport masih darurat belum bisa didarati, nanti kami siapkan pesawat khusus supaya makanan bisa masuk ke sini," ucapnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel