Jokowi, Presiden Pertama Sowan ke Keraton Yogya Setelah 69 Tahun

Foto: detikcom

Presiden Joko Widodo ternyata merupakan Presiden RI kedua yang sowan Sultan Hamengku Buwono di Keraton Yogyakarta. Sebelumnya baru Presiden ke-1 RI, Sukarno, yang pernah bertandang dan bertemu Raja Kasultanan Yogyakarta di Keraton.

"Presiden Jokowi menjadi Presiden RI kedua yang sowan langsung Sultan Hamengku Buwono di Keraton Yogya," kata Dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Silverio RL Aji Sampurno, saat dihubungi detikcom, Jumat (28/9/2018).

Dijelaskannya, Sukarno ke Keraton Yogya dalam rangka pelantikannya sebagai Presiden RI bersama M Hatta pada tanggal 17 Desember 1949. Pelantikan dilakukan di Keraton setelah sebelumnya Sultan Hamengku Buwono IX menyatakan wilayah Kasultanan Yogyakarta sebagai bagian dari NKRI.

"Dan 4 Januari 1946 Yogyakarta dijadikan sebagai ibu kota Republik Indonesia atas saran Sultan HB IX sebagai akibat dari politik pecah-belah Belanda atau Garis Demarkasi Van Mook," jelas dosen yang akrab disapa Rio itu.

Kemudian sejarah Presiden RI sowan Sultan di Keraton Yogya terulang pagi tadi. Jokowi menemui Sultan HB X di kompleks Keben, Keraton Yogyakarta.

"Lalu tahun 2018, Jokowi datang ke keraton," ujar Rio.

Rio berpendapat kunjungan Jokowi ke Keraton Yogyakarta tidak bisa disimpulkan secara sesaat, apa sebetulnya tujuan Jokowi menemui Sultan tersebut.

"Apakah karena Jokowi sedang mencari dukungan dalam rangka Pilpres 2019, karena sekarang kan lagi tren mencari dukungan. Kedua, karena karakter Jokowi yang memang selalu menghormati orang yang lain, terutama orang yang lebih tua, orang yang punya jasa kepada dirinya dan apalagi yang memiliki jasa kepada negara," urainya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel