Menhub Pastikan Bandara Palu Dibuka Untuk Komersial Sore Ini

Foto: Antara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Mutiara di Palu di Sulawesi Tengah sudah dibuka untuk komersial sore ini.

"Itu kan yang 400 meter retak ya, yang masih bisa digunakan itu yang 2.000 meter. Dipastikan sore ini sudah bisa dibuka untuk komersial, ini nih saya baru dapat fotonya, retaknya sampai segini (lebar)," kata Budi Karya kepada detikFinance, Sabtu (29/9/2018).

Sebagai informasi, dari total panjang landasan yang mencapai 2.500 meter landasan pacu di Bandara Palu mengalami keretakan sepanjang 400 meter, setelah Palu diterpa gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah.

Budi Karya menjelaskan setidaknya jika penerbangan komersil belum bisa dibuka, setidaknya pesawat Hercules untuk kebutuhan bantuan pasca bencana bisa dikirimkan langsung.

"Setidaknya Hercules bisa mendarat di sana sore ini," ujar dia.

Efek gempa ini membuat tower ATC rusak dan berimbas pada penutupan bandara Mutiara Palu. Meski begitu Menhub memastikan segala kebutuhan seperti sembako, obat dan juga berbagai bantuan lainnya masih bisa dikirimkan melalui Balikpapan dan Makassar.

"Meski Bandara Palu lumpuh, berbagai kebutuhan masih bisa dikirimkan melalui jalur darat. Bisa melalui Balikpapan dan Makassar" kata dia.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, ketika sudah sampai sana. Budi Karya akan langsung memeriksa persinyalan untuk memastikan Bandara Palu bisa segera aktif kembali.

"Saya akan langsung memeriksa kondisi bandara di sana tentunya memeriksa juga perbaikan persinyalan, siang atau besok pagi saya ke Palu," kata dia. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel