PPP Tegaskan Mbah Moen Tetap Dukung Jokowi Meski Didatangi Prabowo

Foto: dok. PPP

PPP memastikan KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) akan tetap mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin meski hari ini ulama kharismatik itu menerima capres Prabowo Subianto. Kenapa?

Prabowo yang berpasangan dengan cawapres Sandiaga Uno itu sowan menemui Mbah Moen saat berkunjung ke Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang, Sabtu (29/9/18). Ia mendapat sambutan hangat dari Mbah Moen yang juga merupakan Ketua Majelis Syariah PPP tersebut.

"Silaturahmi PS (Prabowo Subianto) kepada Mbah Moen itu menurut saya tidak usah dimaknai bahwa PS sedang berusaha mempengaruhi Mbah Moen untuk memberikan dukungan politik kepadanya dalam Pilpres mendatang," ujar Sekjen PPP Arsul Sani kepada detikcom, Sabtu (29/9/2018).

Arsul memastikan, Mbah Moen sudah pasti mendukung Jokowi-Ma'ruf. Ia juga mengingatkan soal pengakuan Ma'ruf bahwa dipilihnya ia sebagai cawapres Jokowi adalah atas saran dari Mbah Moen.

"Pilihan politik dalam pilpres Mbah Moen sudah firm ke Jokowi-MA (Ma'ruf Amin). Apalg seperti yang diakui Kia MA bahwa dipilihnya beliau sebagai cawapres Jokowi adalah atas saran dari Mbah Moen," kata Arsul.

Menurut Anggota Komisi III DPR ini, kedatangan Prabowo sowan ke Mbah Moen hanya sebagai bentuk silaturahmi. Arsul menilai hal tersebut sebagai penghormatan dari yang muda ke yang tua.

"Silaturahmi ini yang lebih tepat dimaknai sebagai sowan seorang anak kepada orang tua dan ulama yang dihormatinya," jelas Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Hal senada juga disampaikan oleh Wasekjen PPP Achmad Baidowi. Pria yang akrab disapa Awiek ini menilai Prabowo datang ke Mbah Moen sebagai sesepuh ulama.

"Beberapa waktu lalu Kiai MA juga sudah sowan. Sama halnya ketika dua paslon ke Ciganjur ketemu keluarga Gus Dur. Semuanya dalam konteks silaturahmi," ucap Awiek dihubungi terpisah.

Ia menegaskan, Mbah Moen sudah merestui pilihan politik PPP di Pilpes 2019. Awiek menyebut, Mbah Moen tak akan mengalihkan dukungan.

"Sebagai ketua majelis syariah PPP Mbah Moen selalu sejalan dengan keputusan partai. Apalagi keputusan DPP mengusung Jokowi juga direstui Mbah Moen," katanya.

Dalam kunjungannya menemui Mbah Moen, Prabowo sempat menyinggung mengenai pencalonannya sebagai capres. Ketum Gerindra itu mengaku pencalonannya kali ini akan menjadi yang terakhir dirinya maju di gelanggang pilpres.

"Saya memberanikan diri untuk maju sebagai capres ini sebagai panggilan. Panggilan untuk memberi darma bakti saya. Mungkin ini yang terakhir, pada negara bangsa dan umat saya di Indonesia ini," kata Prabowo di hadapan Mbah Moen dan santri Ponpes Al-Anwar Sarang. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel