Putra Jokowi Bawa Markobar Go International Akhir Tahun Ini

Foto: CNBC Indonesia
Gibran Rakabuming Raka akan melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka gerai martabak andalannya, Markobar, di Manila, Filipina.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menyampaikan rencana itu ketika ditemui dalam peluncuran bisnis terbarunya, Goola, hari Minggu (16/9/2018) di kawasan Cikini.

"Markobar sebentar lagi [akan buka] di Filipina. Akhir tahun ini, di Manila," kata Gibran.

Rencana serupa juga akan diterapkan pada produk minuman terbarunya, Goola. Ia mengatakan ingin membawa produk yang kental akan cita rasa dalam negeri itu ke pasar internasional.

"Pasti, pasti akan dikembangkan ke luar [negeri]," ungkapnya.

Goola memiliki beberapa varian minuman bergaya lokal, seperti Es Doger, lalu teh dengan rasa pandan dan melati, serta jeruk nipis. Gibran menyebut nantinya gerai Goola akan banyak hadir di pusat-pusat perbelanjaan.

"Tujuan utama Goola memang untuk lebih mempopulerkan minuman tradisional Indonesia yang dikemas modern, juga agar tidak tergerus minuman global," ujar Gibran.

Putra pertama Jokowi ini memang dikenal sebagai wirausahawan, mengikuti jejak sang ayah yang dulunya memiliki bisnis mebel.

Beberapa usaha yang digeluti oleh Gibran, di antaranya adalah katering Chilli Pari, Markobar, hingga kaos dan jas hujan. [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel