RI Sah Caplok 51% Saham Freeport, Sri Mulyani: Ini Tahap Akhir

Foto: detikcom
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum telah meneken Sales and Purchase Agreement (SPA) dengan Freeport McMoRan Inc dan Rio Tinto. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, itu adalah tahap akhir proses pengambilalihan 51% saham di Freeport Indonesia.

"Kita akhirnya bisa memenuhi dan mencapai kesepakatan saham 51% melalui SPA ini. Kita juga terus menyelesaikan, dan ini tahap akhir," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport McMoran Richard Adkerson. Diakui mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, untuk mencapai tahap tersebut tidak mudah.

"Ini juga proses yang tidak mudah, tapi komitmen kita untuk memperjuangkan yang terbaik, baik dari sisi penerimaan negara, smleter untuk downstream, pengelolaan dan menghormati hak investor yang datang ke Indonesia, kami selesaikan miles dan titik yang kami nego," paparnya.

Sri Mulyani pun berharap penyelesaian pembayaran 51% saham di Freeport Indonesia bisa segera beres. Selain itu, Sri Mulyani mengapresiasi kerja sama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Saya juga mengucapkan selamat ke Bu Rini dan Pak Jonan, yang selama ini terlibat proses pengambilalihan saham 51%, Inalum sebagai eksekutornya. Proses ini nggak mudah, banyak detail dan negoisasi. Ini saya akui proses yang sama sama pelik. Tapi dengan niat baik, Inalum dan Richard," tambahnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel