Terkait #2019GantiPresiden, Jokowi: Ini Negara Demokrasi, Tapi Ingat Ada Batasannya!

Foto: okezone

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal aksi #2019GantiPresiden yang kerap dilarang oleh aparat kepolisian. Sebagai negara demokrasi, kata Jokowi, memang tak dilarang untuk berdemonstrasi dan berpendapat, tapi tetap harus memperhatikan batasannya.

"Ya negara ini negara demokrasi. Bebas berkumpul, berpendapat, ya ya. Tapi ingat ada batasannya," kata Jokowi di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Sabtu (1/9/2018).

Kepala Negara menyatakan, tindakan polisi melarang aksi tersenut sudah benar, karena menimbulkan penolakan dari berbagai lapisan masyarakat. Apabila Korps Bhayangkara tak bertindak, nanti pasti mereka yang disalahkan.

"Nanti kalau misalnya polisi enggak melakukan apa-apa, kalau kemudian terjadi benturan, yang disalahkan siapa? polisi lagi," ujarnya.

Proses-proses pencegahan seperti itu sudah menjadi tugas aparat. Sebab, lanjutnya, timbul penolakan terhadap gerakan #2019GantiPresiden.

"Kalau ada pertentangan tentu saja polisi harus turun tangan," kata Jokowi.

Jokowi mengimbau kepada seluruh pihak untuk menciptakan suasana damai dan sejuk dalam menyambut Pilpres dan Pileg 2019. Pihaknya tak akan melarang kebebasan berpendapat, tapi tetap harus ada aturannya.

"Jangan sampai kita menabrak keamanan, menabrak ketertiban sosial itu juga harus kita hargai," tandasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel