Tiba di Hutan Pinus Bantul, Jokowi Disambut Tabuhan Kentongan Bambu

Foto: detikcom

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri 'Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan 2018' di Hutan Pinus Mangunan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini. Kehadiran Jokowi disambut kesenian kentungan bambu.

Jokowi bersama rombongan memasuki lokasi acara sekitar pukul 10.20 WIB, Jumat (28/9/2018). Mengenakan kemeja putih dan bercelana hitam, Jokowi tampak didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Lalu, Jokowi bersama rombongan berjalan menuju Panggung Sekolah Hutan di Hutan Pinus Mangunan Bantul. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini tampak disambut sejumlah pejabat dan ratusan siswa yang menghadiri festival tersebut.

Tak hanya pejabat, kedatangan Jokowi juga disambut ibu-ibu PKK setempat. Uniknya, ibu-ibu PKK yang tergabung dalam kelompok Kentung Rampak membawa kentungan dari bambu, lalu membunyikannya ketika Jokowi memasuki lokasi acara.

"Kami jelas senang, bangga, karena tempat kita bisa dikunjungi presiden RI. Beliau (Jokowi) mau berkunjung di tempat yang terpencil sepeti ini," kata Ketua Kentung Rampak, Nuriyah (35) kepada detikcom.

Lalu, apa makna kentungan yang mereka bunyikan?

"Makna yang ingin kami sampaikan bahwa kentung rampak itu bermakna filosofis kompak, guyub rukun. Kita para perajin bambu ingin menyampaikan pesan itu lewat kentongan," tutupnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel