Tol Batang-Semarang Diresmikan Akhir 2018


Jalan tol Batang-Semarang yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa akan diresmikan akhir 2018.

"Kami optimistis jalan tol Semarang-Batang keseluruhan bisa diresmikan akhir tahun ini sesuai intruksi presiden," ujar Hadi Susanto, Manajer Pengendalian Lagan PT Jasa Marga Semarang-Batang (JSB), seusai pembongkaran masjid di tengah tol di ruas tersebut, Jumat (28/9/2018) sore kemarin.

Hadi mengatakan, progres keseluruhan fisik tol sepanjang 75 km itu telah mencapai 88 persen. Adapun total pengadaan tanah masih sekitar 86 persen.

Luas lahan yang perlu dibebaskan masih banyak karena jumlah yang dibutuhkan kini bertambah.

Kebutuhan lahan tambahan salah satunya untuk satu lajur ruas tambahan di Tol Batang-Semarang serta rencana penyediaan exit tol di Ngaliyan, Kota Semarang.

Ruas tol Batang-Semarang yang dulunya 2x2 lajur (2:2) akan ditambah menjadi tiga lajur di setiap jalur. Tambahan lajur akan dibangun di sisi kanan dan kiri bangunan jalan.

Jasa Marga bersama konsorsium masih akan terus bekerja untuk proses pembebasan lahan, termasuk membongkar satu kompleks bangunan sekolah dan masjid di Kelurahan Ngaliyan yang masih kokoh berdiri.

Kompleks itu kini tengah dicarikan tanah dan bangunan penggantinya dan akan dibongkar dalam waktu dekat.

"Masih ada satu titik lahan lagi yang harus dibongkar, yakni bangunan milik sebuah yayasan di Kelurahan Ngaliyan. Bangunan akan dipindahkan ke lokasi baru pada akhir Oktober," tambah Hadi.

Pengadaan lahan tambahan hingga proses pembongkaran bangunan sisa ditargetkan tuntas pada Oktober 2018. "Pengadaan tanah prioritas selesai akhir Oktober 2018," ujarnya. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel