18 Negara Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa-Tsunami Sulteng


Jumlah negara yang menawarkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tenggara bertambah. Kini, setidaknya ada 18 negara yang mengulurkan tangan.

"Sudah ada 18 negara yang menawarkan bantuan untuk membantu bencana di Palu," kata Menko Polhukam Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Senin (1/10/2018).

Negara-negara yang menawarkan antara lain Amerika Serikat, Prancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Qatar, Thailand, India, dan China.

Wiranto mengatakan bahwa Indonesia selama ini sudah menjalin hubungan baik dengan negara sahabat. Tawaran bantuan ini juga buah dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke berbagai negara.

"Saat tawaran-tawaran dari negara sahabat untuk membantu penanganan bencana di Palu begitu banyak, kita mengapresiasi. Itu buah kunjungan, membuahkan perasaan partisipasi, solidaritas. Ini tentu tidak bisa ditolak," ucap Wiranto.

Saat ini, ada 844 orang meninggal ditemukan akibat gempa dan tsunami di Palu. Sementara itu, lebih dari 48 ribu orang mengungsi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel