4 Tahun Pemerintahan Jokowi, Membangun Papua untuk Kemakmuran Rakyat

Foto: Biro Pers Setpres

Empat tahun yang lalu, pembangunan lebih berpusat di Pulau Jawa. Selama empat tahun ini, Pemerintah Presiden Jokowi terus berupaya menggeser  pembangunan ke pinggiran, baik secara wilayah maupun substansinya.

Wilayah pinggiran tersebut seperti menjadikan kawasan perbatasan sebagai beranda terdepan Indonesia yang bermartabat. Menjadikan daerah-daerah tertinggal semakin melaju kinerja pembangunannya, sehingga rakyatnya pun semakin makmur.

Pemerintah menjadikan pembangunan Papua sebagai salah satu perhatian utama sebagai upaya mengakselerasi pemerataan di kawasan timur Indonesia.  Menjadikan Papua semakin terpenuhi infrastruktur sosial dasar, elektabilitas, hingga pada kualitas kemakmuran rakyatnya secara berkelanjutan. Menjadikan rakyat-rakyat di pinggiran mendapatkan energi yang mudah, murah, itulah energi berkeadilan. Selain itu juga meningkatkan kualitas lingkungan dengan penataan tata kelola lingkungan yang berkelanjutan.


Pemerintah Presiden Jokowi terus berkomitmen untuk melanjutkan visi Indonesia Sentris yang dilaksanakan di Papua secara berkelanjutan. Percepatan pembangunan berfokus pada konektivitas antar wilayah yang masih terisolasi, sehingga mempermudah distribusi dan menekan harga bahan pokok, sehingga meningkatkan  kesejahteraan.

Pengenmbangan infrastruktur mulai mengarah pada aksebilitas dari maupun keluar pulau. Terlihat dari pembangunan dua bandara baru, peningkatan kualitas lima bandara lama, dan perbaikan akses pelabuhan.

Pembangunan yang dilaksanakan pemerintah juga sudah sampai pada tahapan pemberdayaan dan mendukung kemandirian di tiap daerah. Upaya ini ditunjukan melalui program pembangunan bagi penguatan fondasi ekonomi daerah dan perbaikan sistem pertanian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel