Bahagianya Jajang, Jokowi Beli Sawo Manis Jualannya dan Tolak Uang Kembalian

Foto: Dok. humas Pemprov Jateng

Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Pasar Karangayu, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/10/2018) pagi.

Jokowi yang berkemeja putih menyapa ratusan pedagang dan pengunjung pasar yang berada di Jalan Jenderal Sudirman itu. Pedagang pasar dan pengunjung menanti kedatangan Jokowi dan langsung berebut untuk bersalaman.

Sejumlah pedagang di pasar itu juga memanggil-manggil nama Jokowi untuk berbelanja di tempatnya. Sejumlah pengunjung bahkan terlihat mengenakan kaus bertuliskan #01.

Jajang Rubiyanto, salah satu pedagang buah-buahan, disapa Jokowi. Jajang menawarkan buah sawo untuknya.

"Pak Jokowi, sawo Pak. Manis ini, Pak," teriak Jajang.

Jokowi menyambut dengan jawaban singkat laiknya pembeli.

"Sawo apa? Manis?" kata Jokowi.

"Ya sudah beli 4 kg," ujar mantan Wali kota Solo ini.

Jokowi pun memberikan uang Rp 100.000 untuk sawo yang dibelinya.

Jajang merasa sangat beruntung karena dia akhirnya bisa bercakap-cakap langsung dengan Jokowi. Selain itu, Jokowi tak mau menerima uang kembalian darinya. Harga sawo yang dijual Jajang hanya Rp 17.000 per kilo.

"Uang kembalian saya mau kasihkan, tapi ajudan tidak mau terima," tambah Jajang.

Di pasar itu, Jokowi berdialog dan berkeliling untuk melihat isi pasar. Dia juga melihat aneka macam dagangan mulai dari pedagang buah, perdagangan gorengan, pedagang bunga, lontong dan aneka macam jualan lain.

Sebelum ke pasar, Jokowi juga menyantap Soto Pak Man di jalan Pamularsih Semarang. Rumah makan andalan Semarang itu memang menjadi andalan jamuan ketika pejabat dari Jakarta singgah di Semarang.

Dalam santap pagi itu, Presiden didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

Presiden tiba di Semarang sejak Jumat (19/10/2018) kemarin. Di Jawa Tengah, Jokowi bertemu dengan Pengasuh Pesantren Girikusuma Mranggen, Demak KH Munif Zuhri. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel