Bawaslu sebut Jokowi boleh gunakan pesawat kepresidenan untuk kampanye

Foto: Merdeka.com

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Eduward Siregar mengatakan, calon Presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) diperbolehkan menggunakan pesawat kepresidenan saat kampanye Pilpres 2019. Hal itu, kata dia, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Di dalam rapat Komisi II akhirnya KPU Bawaslu dan komisi II menyerahkan kepada pemerintah. Oleh Pak Tjahjo (Mendagri) bahwa akan dikeluarkan oleh Peraturan Pemerintah. Karena presiden bagaimanapun capres 01 (Jokowi) tetap adalah seorang presiden yang dia memiliki hak untuk kesehatan dan keamanan," katanya di Kawasan Gondangdia, Jakarta, Minggu (30/9).

Dia mengungkapkan, seharusnya penggunaan pesawat kepresidenan diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Namun, pada akhirnya disepakati KPU dan Bawaslu untuk diserahkan kepada pemerintah melalui Kemendagri. Peraturan Pemerintah terkait pesawat kepresidenan ini juga baru dikeluarkan beberapa hari sebelum kampanye.

"Ada peraturan pemerintahnya saya lupa. Karena baru dikeluarkan beberapa hari sebelum kampanye. Waktu itu ada pertanyaan saat rapat pesawat presiden boleh atau tidak. Harusnya diatur dalam PKPU kampanye tapi tidak diatur dalam KPU," ungkapnya.

Fritz menjelaskan, meski terdaftar sebagai capres 2019, Jokowi tetaplah seorang Presiden yang perlu dijaga keamanannya. Karena itu, lanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini diperbolehkan menggunakan pesawat khusus presiden saat kampanye.

"Konstitusi yang melekat pada seorang presiden. Di peraturan pemerintahnya diperbolehkan. Mohon maaf saya juga lupa (nomor peraturan pemerintahnya) Tapi itu ada," ucapnya.

Diketahui, Presiden Jokowi telah resmi terdaftar sebagai salah satu capres di Pilpres 2019. Dia maju di dampingi oleh Ma'ruf Amin. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel