Bersama Membangun Negeri

Foto: MI/Panca

Sabtu, 20 Oktober 2018, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla berusia empat tahun. Sudah banyak prestasi yang dicetak selama periode waktu tersebut.

Berbagai program dan gebrakan telah dilakukan untuk menggenjot perekonomian, dari megaproyek listrik, program infrastruktur, hingga peta jalan digital. Lalu apa prestasi Joko Widodo-Jusuf Kalla selama empat tahun yang sering diperbincangkan? Jawabannya ialah infrastruktur.

Selama 2014- 2018 pemerintahan Presiden Jokowi sudah membangun sekitar 3.400 km jalan biasa, ditambah 443 km tol. Dalam hal itu, kita tidak bisa mengatakan prestasi tersebut main-main. Selain itu, Indonesia bisa mencetak pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06% pada kuartal I 2018.

Dengan realisasi tersebut, jumlah angkatan kerja mengalami peningkatan dan sebaliknya, angka pengangguran turun karena dorongan investasi yang cukup tinggi. Prestasi lainnya ialah penyelenggaraan Asian Games 2018. Selain menjadi tuan rumah yang baik, Indonesia memiliki atlet-atlet yang berprestasi sekaligus membanggakan dengan menduduki posisi keempat lewat raihan 31 medali emas.

Prestasi yang tidak pernah ada sebelumnya. Yang tidak kalah menyedot perhatian ialah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali. Itu menjadi pertemuan terbesar sepanjang sejarah kegiatan tersebut.

Hasilnya pemerintah Indonesia mendapatkan investasi hampir sebesar Rp252 triliun untuk sekitar 19 proyek infrastruktur. [medcom.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel