Jokowi dan Said Aqil Siradj Masuk 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Foto: Biro Pers Setpres

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siradj masuk jajaran 500 muslim paling berpengaruh di dunia.

Catatan tersebut dijabarkan dalam buku "The Muslim 500" buka terbitan Jordan National Library yang membahas soal 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia pada 2019 berdasarkan rangking komulatif 10 tahun terakhir.

Dalam rangking tersebut, Kiai Said menempati 20 nama pertama tokoh Islam berpengaruh di dunia. Namanya hanya kalah dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan hingga Raja Arab Saudi, King Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Yang menarik ada nama Presiden Indonesia, Joko Widodo sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia nomor 16.

Disebutkan dalam buku tersebut, Kiai Said dianggap berhasil mengelola sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan 30 juta anggota, yakni Nahdlatul Ulama (NU). Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa NU berhasil menerapkan konsep Ahlussunnah wal Jamaah yang bersumber dari Alquran, dan keteladanan Rasulullah Muhammad SAW.

(Baca Juga: PBNU: Penggunaan Dalil Agama Demi Kepentingan Politik Merendahkan Alquran)

Disebutkan bahwa Kiai Said menempati pucuk pimpinan dari sebuah organisasi solid yang memiliki banyak cabang baik di dalam maupun luar negeri. Dengan organisasi masif itu pula, Kiai Said memberikan pengaruh besar akan ajaran NU.

Sebagai implementasi ajaran, NU juga dianggap banyak memberikan kontribusi terhadap kehidupan sosial di masyarakat, menegakkan reformasi pendidikan hingga memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Selain Kiai Said dan Joko Widodo, buku tersebut juga memasukan sejumlah tokoh Indonesia dalam 500 tokoh Islam paling berpengaruh di dunia tahun 2019. Sederet nama tersebut antara lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nasir; Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand, KH Yahya Cholil Staquf; Ketua Umum MUI non-aktif, KH Ma'ruf Amin; Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin; hingga Panglima Besar Banser NU, Habib Lutfi bin Yahya.

Para tokoh tersebut dianggap memiliki andil besar dalam memperjuangkan Islam sebagai agama yang rahamatanlilalamin, dengan pengaruh, sikap dan karyanya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel