Jokowi Kontak PM Morrison soal Australia Pindah Kedubes ke Yerusalem


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkomunikasi dengan PM Australia Scott Morrison soal usulan memindahkan Kedubes Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Jokowi menghubungi Scott tadi pagi.

"Beliau berkomunikasi. Tadi pagi," ujar Menlu Retno LP Marsudi di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).

Saat menghubungi Scott, Jokowi menanyakan rencana tersebut.

"Kita menyampaikan concern (perhatian), intinya menyampaikan concern mengenai announcement (pengumuman) itu," jelas Retno.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al Maliki menyebut langkah Australia yang akan memindahkan Kedutaan Besar ke Yerusalem adalah tindakan yang tidak menghargai resolusi Dewan Keamanan. Ia juga menyebut tindakan Australia tersebut tidak menghargai hukum internasional.

"Kami berharap Australia dapat mempertimbangkan kembali posisi mereka," ujar Maliki.

Maliki juga menyampaikan terima kasih atas respons cepat Pemerintah Indonesia dalam menanggapi hal ini. Indonesia, disebut Maliki, adalah negara pertama yang dengan segara mengambil langkah untuk berkomunikasi dengan Australia guna membujuk untuk tidak mengambil langkah yang kontradiktif. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel