Jokowi Minta Emak-emak Tak Termakan Hoaks soal Harga Sembako

Foto: kompas.com

Presiden Joko Widodo meminta emak-emak tak termakan hoaks soal harga sembako yang sering disebut-sebut mengalami kenaikan. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri pembukaan Kongres ke-20 Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Awalnya, Jokowi menceritakan bahwa ia kerap meluangkan waktu membuka media sosial dalam perjalanan pulang-pergi Istana Bogor-Jakarta.

"Saya tuh kalau dari Istana menuju ke Bogor itu satu jam. Dari bogor ke Jakarta itu satu jam. Saya buka-buka berita, saya buka media sosial, jadi saya ngerti apa yang jadi isu," kata Jokowi.

Di media sosial, menurut Jokowi, ada yang menyuarakan isu harga bahan pokok naik. Namun, Jokowi tak menyebutkan siapa yang menyebar isu tersebut.

Ia hanya menegaskan bahwa isu kenaikan harga bahan pokok yang terjadi di pemerintahannya adalah kabar tidak benar. Menurut Jokowi, harga bahan pokok stabil. Hal itu bisa dilihat dari angka inflasi yang berada di bawah 3,5 persen.

"Artinya harga itu terkendali, dikendalikan. Dipikir saya enggak pernah keluar masuk pasar. Saya juga sering keluar masuk pasar, saya tanya pedagang, saya dengarkan yang menjadi keluhan-keluhan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku selalu mencarikan solusi atas keluhan yang ia dapat dari para pedagang. Namun menurut dia, tak ada pedagang yang mengeluhkan kenaikan harga.

"Terakhir saya masuk pasar d semarang. Saya tanya mbok-mbok yang berjualan, harganya stabil atau enggak stabil. Saya tanyakan itu. 'Enggak ada pak, hanya cabai pak. Cabainya agak naik'. Tapi itu biasa, harga cabai ada naik, ada yang turun," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, jika harga bahan pokok turun sangat rendah, maka yang rugi justru adalah petani. Oleh karena itu, pemerintah selalu berupaya menyeimbangkan harga agar petani tidak rugi, namun juga tidak memberatkan konsumen.

"Jangan sampai kita ini termakan isu-isu yang tdk benar. Wong saya tiap pagi bacaan saya harga-harga, angka-angka. Jangan dipikir saya enggak baca," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini lalu menjabarkan harga bahan pokok yang ia terima pagi ini. Harga beras menurut dia ada pada Rp 11.750 per kg, turun Rp 100. Harga telur Rp 22.950 per kg, turun Rp 350. Harga ayam Rp 33.700, turun Rp 1150.

"Saya selalu tiap pagi, telur berapa, beras berapa, mungkin dengan ibu-ibu lebih tahu saya," kata Jokowi disambut riuh ibu-ibu yang hadir di acara tersebut. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel