Jokowi Siapkan Inpres Penanganan Gempa Sulteng


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menyiapkan instruksi presiden (inpres) penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Inpres juga akan mengatur soal penerimaan bantuan internasional.

"Iya sedang kita siapkan inpres untuk penanganan Sulawesi Tengah. Prinsipnya sama seperti Lombok, isi akan mengatur kementerian dan lembaga untuk berkontribusi dan juga ada dari bantuan asing bagaimana," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono juga membenarkan inpres penanganan gempa Sulteng disiapkan. Inpres akan terbit pekan depan.

"Iya memang ada inpresnya. Paling lambat minggu depan keluar," kata Basuki.

Sebelumnya, Jokowi memberikan empat arahan terkait penanganan gempa Sulteng. Arahan tersebut antara lain evakuasi korban, bantuan medis, penanganan pengungsi, dan perbaikan infrastuktur. Untuk penanganan gempa, Wakil Presiden Jusuf Kalla ditunjuk sebagai penanggungjawab utama.

"Saya sampaikan agar penanganan korban, penanganan gempa dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi, Parigi dikoordinasikan Pak Menko Polhukam dan dikomandoi langsung Pak Wapres," ujar Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel