Kemenkes Bagikan 736.662 KIS untuk Warga Tegal

Foto: Medcom.id

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengalokasikan anggaran Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk 736.662 warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Kartu tersebut langsung dibagikan secara simbolis oleh Kasi Penyebar Luasan Informasi Kesehatan Kemenkes RI Theresia Irawati.

"Pembagian KIS kali ini khusus untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Kramat dulu. Jumlah penerima di Kecamatan Kramat sebanyak 29.812 jiwa," Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal, Hendardi Setyadi di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa, 9 Oktober 2018.

Hendardi menjelaskan, KIS diharapka bisa membantu masyarakat tidak mampu agar mendapat akses pelayanan kesehatan. Sementara bagi warga yang sudah terdata dan belum menerima kartu tersebut, rencananya akan dikirim ke alamat domisili masing-masing sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara itu Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Aryani menyebut, penerima manfaat KIS merupakan hasil verifikasi dari kepala desa yang dilanjutkan ke camat dan Pemkab Tegal.

Sementara, Kemenkes dan BPJS bersama Komisi IX DPR RI hanya menganalisa dan mengevaluasi dari data yang ada.

"Kabupaten Tegal dan Brebes merupakan daerah yang warga miskinnya terbanyak di Jawa Tengah. Selain Kabupaten Tegal, KIS juga sudah dibagi di Kabupaten Brebes sebanyak 1.231.044 jiwa. Sedangkan Kota Tegal hanya 78.062 jiwa," ungkap Dewi. [medcom.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel