Kutip Film Fiksi, Jokowi Ingin Millenial Peduli Masalah Global

Foto: Kumparan

Bukan satu atau dua kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutip film fiksi internasional dalam pidato yang ia sampaikan. Mulai dari analogi ‘Winter is Coming’ dalam serial tv Games of  Thrones, hingga penggunaan istilah Thanos dalam film the Avengers: Infinity Wars.

Menurut Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Indonesia, Ari Junaedi, penggunaan kutipan film fiksi internasional oleh Jokowi bertujuan untuk menarik perhatian milenial untuk turut berperan aktif dalam mengatasi tantangan-tantangan dunia, misalnya seperti permasalahan ekonomi global.

“Setiap  Pidato Jokowi kemarin menunjukkan persoalan negara adi daya juga membutuhkan perhatian anak muda,” jelas Ari saat dihubungi kumparan, Sabtu (13/10).

“Jokowi ingin menunjukkan (penyelesaian) persoalan globalisasi tidak terlepas dari peran semua pihak,” tambahnya lagi.

Menurut Ari, milenial atau anak muda turut memiliki peran penting dalam mengatasi permasalahan. Pasalnya, kata Ari, kelompok milenial saat ini menjadi bonus demografi di hampir seluruh belahan dunia.

“Dengan mengutip film-film internasional semakin menunjukkan persoalan internasional tidak terlepas dengan peran kelompok milenial yang kini menjadi bonus demografi di hampir semua belahan dunia,” kata Ari.

Selain menarik perhatian milenial, mengutip film fiksi internasional juga dimaksudkan untuk memperluas spektrum atau cakupan audiens dari pidato yang disampaikan Jokowi.

“Pidato yang disampaikan Jokowi dengan mengutip film-film internasional tidak terlepas dari maksud Jokowi untuk memperluas spektrum pidatonya untuk khalayak internasional,” kata Ari.

Presiden Jokowi sudah tiga kali mengutip film fiksi internasioanl didalam pidatonya. Misalnya pada saat memberikan pidato sambutan di acara Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua Convention Center Bali kemarin (12/10), Jokowi meminjam kutipan ‘Winter is Coming’ dalam serial tv Games of Thrones untuk menggambarkan kondisi perekonomian dunia saat ini.

Lalu, pada saat Forum Ekonomi Dunia ASEAN (13/9), Jokowi juga menggunakan analogi film superhero garapan Marvel, Avengers: Infinity War dengan memposisikan dirinya sebagai bagian dari Tim Avengers yang siap melawan Thanos.

Kemudian pada saat berpidato pada forum US-ASEAN Business Council (US-ABC) di San Fransisco California (2015), Jokowi menirukan ucapan salah satu pemeran utama film Terminator yaitu “i’ll be back” untuk menggambarkan kunjungannya kembali ke AS dan “hasta la vista baby” untuk meyakinkan pebisnis agar tidak perlu khawatir akan perizinan yang rumit di Indonesia. [kumparan.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel